Beranda | Artikel
Kisah Mengapa Imam Syafii Disebut Penolong Sunnah - Syaikh Khalid Ismail #NasehatUlama
Rabu, 3 Agustus 2022

Imam asy-Syafi’i rahimahullahu Ta’ala,
beliau meninggal dunia tahun 204 H.

Imam asy-Syafi’i dijuluki dengan “Nashirul Hadits” (penolong hadits) dan “Nashirus Sunnah” (penolong sunnah),
padahal beliau tidak memiliki banyak riwayat hadits.

Kitab Musnad asy-Syafi’i yang sudah tercetak sekarang, hanya mengandung jumlah hadits yang tidak seberapa.

Namun, mengapa (beliau mendapat julukan ini)?

Dahulu, para ulama hadits di zaman beliau memiliki banyak perbendaharaan hadits,
sedangkan para ulama Irak dikenal memiliki kemampuan qiyas, pemahaman dan pemikiran yang detail.

Perguruan Imam Abu Hanifah rahimahullahu Ta’ala yang melayani sunnah dari sisi ini;
yakni dari sisi pemahaman as-Sunnah, qiyas, dan lain sebagainya.

Namun, ada beberapa hadits yang tidak mereka ketahui,
dan ada beberapa hadits yang belum sampai kepada mereka.

Ditambah pula, mereka sangat ketat dalam menerima riwayat hadits, karena banyaknya kedustaan dalam periwayatan di Irak.
Dahulu para ulama hadits menjadi ‘mainan’ di hadapan para ulama ra’yi (perguruan Abu Hanifah),
hingga
Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah berkata,
“Dahulu, Ilmu Fiqih terkunci, hingga Allah membukanya melalui Imam asy-Syafi’i.”

Imam asy-Syafi’i rahimahullah mengkolaborasikan dua perguruan.

Beliau belajar kepada Imam Malik (ulama hadits), dan belajar juga kepada Muhammad bin al-Hasan, murid Abu Hanifah.

Beliau juga tumbuh di lingkungan badui, di suku Hudzail (sehingga lisannya fasih)

Ucapan beliau adalah hujjah dalam bahasa Arab, pemahaman beliau tajam,
dirinya dihiasi dengan ketakwaan dan keikhlasan.

Sehingga hal ini semua, menjadikan beliau mampu meletakkan asas-asas dalam memahami sunnah
yang disebut dengan Ilmu Ushul Fiqih.

Diskusi-diskusi mulai terjadi di Irak,
dan penegakan hujjah dengan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan pemahaman yang mendalam,
sehingga Qutaibah bin Said berkata, “Aku melihat Muhammad bin al-Hasan (murid Abu Hanifah)
di hadapan Imam asy-Syafi’i seperti bola yang beliau mainkan sesuka hati.”

Subhanallah!

Namun, mereka semua rahimahumullahu Ta’ala adalah Imam-imam besar.

Oleh sebab itu, Imam Ahmad berkata —ketika beliau ditanya tentang Imam asy-Syafi’i—
beliau berkata, “Imam asy-Syafi’i bagaikan matahari bagi dunia dan kesehatan bagi manusia.”

Beliau menambahkan, “Dan tidaklah aku mendirikan shalat, melainkan aku mendoakan Imam asy-Syafi’i rahimahullah dalam shalatku.”

Demikianlah para imam dalam ilmu hadits.

====

الْإِمَامُ الشَّافِعِيُّ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى

تُوُفِّيَ سَنَةَ مِائَتَيْنِ وَأَرْبَعَةٍ

الْإِمَامُ الشَّافِعِيُّ لُقِّبَ بِنَاصِرِ الْحَدِيثِ نَاصِرِ السُّنَّةِ

مَعَ أَنَّ مَا عِنْدَهُ رِوَايَةً كَثِيرَةً الْأَحَادِيثَ

مُسْنَدُ الشَّافِعِيِّ المَطْبُوعُ الْآنَ فِيهِ يَعْنِي قَدْرٌ يَسِيرٌ مِنَ الْأَحَادِيثِ

لَكِنْ لِمَاذَا؟

كَانَ أَهْلُ الْحَدِيثِ فِي ذَلِكَ الزَّمَانِ عِنْدَهُمُ الْكُنُوزُ عِنْدَهُمُ الْأَحَادِيثُ

لَكِنْ أَهْلُ الْعِرَاقِ اُشْتُهِرُوا بِالْقِيَاسِ وَدِقَّةِ الْفَهْمِ وَالرَّأْيِ

مَدْرَسَةُ الْإِمَامِ أَبِي حَنِيفَةَ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى الَّذِي خَدَمَ السُّنَّةَ مِنْ هَذِهِ النَّاحِيَةِ

فِي فِقْهِ السُّنَّةِ وَالْقِيَاسِ وَ

لَكِنْ تَخْفَى بَعْضَ الْأَحَادِيثِ

مَا تَصِلُ إِلَيْهِمْ بَعْضُ الْأَحَادِيثِ

يَتَشَدَّدُوْنَ فِي قَبُولِ الْأَحَادِيثِ لِمَا ظَهَرَ مِنَ الْكَذِبِ الْكَثِيرِ فِي الْعِرَاقِ

فَكَانَ أَصْحَابُ الْحَدِيثِ لُعْبَةً فِي يَدِ أَهْلِ الرَّأْيِ

حَتَّى

قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ رَحِمَهُ اللهُ

كَانَ الْفِقْهُ قُفْلًا حَتَّى فَتَحَهُ اللهُ بِالشَّافِعِيِّ

الشَّافِعِيُّ رَحِمَهُ اللهُ جَمَعَ بَيْنَ الْمَدْرَسَتَيْنِ

دَرَسَ عِنْدَ الْإِمَامِ مَالِكٍ وَدَرَسَ عِنْدَ مُحَمَّدِ بْنِ الْحَسَنِ تِلْمِيذِ أَبِي حَنِيفَةَ

وَتَرَبَّى فِي الْبَادِيَةِ عِنْدَ هُذَيْلٍ

كَلَامُهُ حُجَّةٌ فِي اللُّغَةِ فَهْمُهُ ثَاقِبٌ

مَعَ تَقْوَى وَإِخْلَاصٍ

فَنَتَجَ عَنْ ذَلِكَ أَنَّهُ وَضَعَ الضَّوَابِطَ فِي فَهْمِ السُّنَّةِ

وَهُوَ مَا يُسَمَّى بِأُصُولِ الْفِقْهِ

وَبَدَأَتِ الْمُنَاظَرَاتُ فِي الْعِرَاقِ

وَإِقَامَةُ الْحُجَّةِ بِسُنَّةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْفَهْمِ الثَّاقِبِ

حَتَّى قَالَ قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ قَالَ رَأَيْتُ مُحَمَّدَ بْنَ الْحَسَنِ

بَيْنَ يَدَيْ الشَّافِعِيّ كَالْكُرَةِ يُدِيْرُهَا أَيْنَمَا دَارَتْ

سُبْحَانَ اللهِ

وَكُلُّهُم رَحِمَهُمُ اللهُ تَعَالَى أَئِمَّةٌ

وَلِهَذَا قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ

قَالَ لَمَّا سُئِلَ عَنِ الشَّافِعِيِّ

قَالَ الشَّافِعِيُّ كَالشَّمْسِ لِلنَّاسِ وَالْعَافِيَةِ كَالشَّمْسِ لِلدُّنْيَا وَالْعَافِيَةِ لِلنَّاسِ

قَالَ وَلَا أُصَلِّي صَلَاةً إِلَّا وَأَدْعُو فِيهَا لِلشَّافِعِيِّ رَحِمَهُ اللهُ

وَهَكَذَا أَئِمَّةُ الْحَدِيثِ


Artikel asli: https://nasehat.net/kisah-mengapa-imam-syafii-disebut-penolong-sunnah-syaikh-khalid-ismail-nasehatulama/